Al Jazeerah Signature, Restoran Autentik Timur Tengah di Bandung

Setelah Jakarta, akhirnya Bandung punya satu restoran autentik middle-east yang namanya Al Jazeerah Signature. Tempatnya ada di daerah pusat kota di jalan Ternate. Ya kalau weekend daerah ini pasti penuh sama wisatawan dari Jakarta yang belanja karena di daerah sini emang banyak banget factory outletnya.

Saya sebenernya bukan penggemar kuliner khas Timur Tengah. Bahkan seumur hidup baru tiga kali nyobain resto autentik Timur Tengah. Tapi kalau di antara tiga resto itu saya banding-bandingkan (don’t ask me to mention them lol), Al Jazeerah ini yang paling asik menurut saya. Asik dari tempatnya dan pastinya dari makanannya juga.

Begitu masuk saya langsung disambut sama mas-mba waitress (atau mendingan kita sebut akhi-ukhti waitress?) di pintu depan dan waaaah tempatnya bikin saya berkali-kali bilang wah!

Jadi ini tempatnya luas banget. Ada ruangan-ruangan yang bisa dipakai secara privat, mungkin dipakainya kalau kamu dateng rame-rame sama temen-temen atau keluarga dan punya event tertentu kali yah. Ada juga spot-spot terbuka lainnya. Tapi yang jelas tiap ruangan itu lucu-lucu banget, kayak punya temanya masing-masing.

Yang ini walaupun terbuka tapi ada kesan hangat gitu 😛

Yang ini di dindingnya ada lukisan-lukisan dengan tema Arabian, lucu banget konsepnya! Oh iya kalau ruangan ini menurut saya cocok nih buat meeting. Soalnya meja kayunya lumayan tinggi dan kursinya pun kursi kayu, khas banget sama meeting room. Buat kamu yang sering meeting di luar kantor, mungkin bisa sekali-kali meetingnya di sini.

Another cozy room

Untuk makanannya juga ngga main-main. Ada macam-macam menunya, mulai dari middle-east appetizer, salad, soup, wraps, grills, rice, curries, western (yap ada westernnya juga!), pasta, shisha, dessert, hot and cold beverages dan mocktails.

Sebagai pembuka saya nyobain Arayes. Arayes ini adalah pita bread yang disajikan dengan daging. Jadi sebenernya ini semacam sandwich khas Timur Tengah. Kalau arayes di Al Jazeerah ini isinya ada daging kambing, tomat, bawang, dan bumbu khas lainnya.

Arayes (Rp77.000,00)

Nih besarnya bisa habis dalam sekitar 5 gigitan dan ada 8 potong dalam 1 sajiannya

Untuk main course saya nyobain 2 menu yaitu Ruz Biryani dan Ruz Mandi. Kalau kamu datang ke middle east resto, pasti akan nemuin menu ini deh. Yang saya cobain di sini yang ukuran small, bisa untuk 2-3 orang, tergantung kapasitas perut masing-masing hihii 🙂

Ruz Biryani Lamb Small (Rp75.000,00 – Regular: 119.000,00)

Ruz Mandi Chicken Small (Rp66.000,00 – Regular: Rp96.000,00)

By the way dua-duanya enak tapi kalau cuma boleh pilih satu, saya pilih Ruz Mandinya. Ayamnya empuk banget, rasanya juga khas. Bumbu Timur Tengah kan apa ya. Kerasa banyak dan kesannya pedas gitu. Tapi kalau ini menurut saya pas dan ya pokoknya enak deh.

Waktu ke sini, saya datang sama beberapa temen-temen Bandung Foodies. Saya bahkan sempet ngeluarin komentar “Ya ampun lebih enak dari *piiiip* (nama resto middle east lain yang disensor) yah!” Terus jawabannya “Ya iyalah jauh” 😛

Selanjutnya kita beralih ke dessert! Ada dua nih yang saya cobain. Muhalabiyah atau puding susu campuran kacang almond dan kismis yang disajikan dengan strawberry dan coklat. Dessert kedua adalah Umm Ali atau puding roti ala Mesir. Kalau Umm Ali teksturnya kalau makanan Indonesia tuh lebih ke bubur gitu cuma rasanya ya tetep rasa puding 🙂

Muhalabiyah (Rp40.000,00)

Umm Ali (Rp55.000,00)

Untuk minumnya saya sempet cobain virgin mojito dan hot lemon tea. Di sini juga banyak minuman lainnya loh kayak fresh juice, middle-east tea, middle-east coffee, dan soft drink.

Virgin Mojito (Rp38.000,00/pitcher)

Overall dari yang saya liat sih di sini banyak pengunjung yang kayaknya emang keturunan Timur Tengah. Nah saya punya asumsi kalau resto Timur Tengah banyak tamu Timur Tengahnya, berarti autentiknya beneran autentik. Ini asumsi asal-asalan sih sebenernya, sama kayak rumah makan Padang. Saya biasanya nyari rumah makan Padang enak itu nanya-nanya dulu sama temen-temen saya yang orang Minang. Nah kalau banyak orang Minang yang suka resto itu, artinya resto itu rasa Padangnya otentik banget *apa sih*

Ya pokoknya gitu. Tapi buat saya yang lidahnya asli Indonesia dan sebenernya jarang banget nyobain kuliner khas Timur Tengah, rasanya bener-bener nyaman di lidah. Tempatnya nyaman, makanannya juga enak. Kalau ada yang nanya rekomendasi middle-east resto di Bandung, saya pasti bakal jawab Al Jazeerah signature hehee~

***

AL JAZEERAH SIGNATURE
Jl. Ternate No. 3, Bandung
Telp. 022-4200288
Open hour: 10.00-01.00
Email: bdg@aljazeerahsignature.com
Website: aljazeerahsignature.com
Instagram: @aljazeerahsignaturebdg

Regards,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s