Hilton F&B Master 2015: Culinary Cup

Setiap tahun, Hilton Hotel selalu mengadakan kompetisi Food and Beverages (F&B) yang diikuti sama para staff dari Hilton yang tujuannya adalah untuk mengembangkan talent F&B yang ada di Hilton Hotel. Jadi sebenarnya ini adalah internal competition, perjuangan berkompetisi di antara sesama teman kerja 😀

F&B Masters ini dibagi dalam lima cabang yaitu: Bar, Culinary, Barista, Sommelier dan Pastry. Untuk finalnya akan ada tiga level, yaitu hotel level, country level dan regional level. Nah kali ini saya berkesempatan nonton final cabang kuliner (Culinary Cup) untuk level hotel di Hilton Hotel Bandung. Finalnya sendiri berlangsung hari Sabtu lalu, tanggal 12 September 2015 di Fresco Restaurant. Di tahapan ini ada lima chef yang sampai di final, yaitu Chef Sandi, Chef Raden, Chef Ari, Chef Yovi dan Chef Asep.

Blog 11

Para chef ditantang untuk membuat dua menu dengan tema yang udah ditentukan. Ada prawn yang harus diolah menjadi appetizer dan beef untuk diolah jadi main course. Di akhir, para chef juga diminta untuk memberi nama dan range harga untuk masakan yang dihasilkan. Dan ini dia hasil masakannya:

Blog 16

Prawn appetizer and beef main course by Chef Sandi:

Blog 12

Blog 19

Prawn appetizer and beef main course by Chef Raden:

Blog 14

Blog 20

Prawn appetizer and beef main course by Chef Ari:

Blog 09

Blog 25

Prawn appetizer and beef main course by Chef Yovi:

Blog 10  Blog 27

Prawn appetizer and beef main course by Chef Asep:

Blog 06

Blog 26

Photo session! Tadinya yang berdiri di balik piring-piring ini cuma lima chef yang berkompetisi aja. Tapi lama-lama culinary teamnya dan ikut mau difoto juga, hihii.

Blog 02

Judging time! Setelah selesai memasak dua hidangan, hasil masakan dari para chef ini dinilai oleh tiga juri yang ahli dalam bidangnya. Ada Hans (@eatandtreats) sebagai perwakilan food blogger, Chef Adi dari Hilton Bandung dan Om Abe (@burhanabe) dari media.

Blog 18

L-R: Hans, Chef Adi, Om Abe

Dari sini saya tau kalau ternyata proses penilaian kompetisi ini terdiri dari banyak hal. Rasa, tampilan masakan, efisiensi, kebersihan, dan lain-lain. Nah setelah proses penjurian, akhirnya dinyatakan kalau pemenangnya jatuh pada Chef Asep Ramdani. Yeay, give applause please!

Blog 28

Chef Asep Ramdani, after the winner announcement

Sebagai pemenang di hotel level, Chef Asep juga harus bersiap-siap menghadapi kompetitor lainnya untuk kembali bertanding di country level. Wow, good luck for you chef!

Nah setelah semua proses kompetisi ini selesai, saya dan teman-teman food blogger lainnya dikasih kesempatan untuk mencicipi hidangan yang dimasak para chef ini. Hmm kalau saya diminta jadi juri pasti bingung banget deh, habis enak-enak semuaaaaa~ XD

Blog 01

Front L-R: Adrian, Elsa (@lets.go.eat), Rani (@dunia_kulinerBdg), Hans (@eatandtreats), Vina, me
Back L-R: Cical (@makanpakereceh), Victor (@dunia_kulinerBdg)

Photo credit to @lets.go.eat

Dan itulah sekilas cerita tentang F&B Mastersnya Hilton Bandung. Thank you Hilton Bandung for inviting me, see you on the next discipline competition, the Pastry Cup! 🙂

***

HILTON HOTEL BANDUNG
Jl. H.O.S. Tjokroaminoto No. 41-43, Bandung
Twitter: @HiltonBandung
Instagram: @HiltonBandung
Facebook: Hilton Bandung

 

Regards,

Advertisements

Enjoy The Taste of Italy at The Trans Luxury Hotel

Menginjak bulan September, berbagai tempat makan di Bandung menawarkan berbagai promo untuk para tamunya, begitu juga dengan The Restaurant yang letaknya di Trans Luxury Hotel. Tema yang diangkat adalah Taste of Italy di mana para pengunjung bisa menikmati langsung aneka kelezatan dari berbagai daerah di Italia. Mau coba pasta? Pizza? Tiramissu? Ada di sini 🙂

Blog (19)

Blog (20)

Ternyata sajian-sajian dengan tema Italia ini langsung disiapkan sama executive chef dari The Trans Luxury Hotel. Chef Michael Deutsch dan culinary team-nyalah yang langsung mempersiapkan hidangan-hidangan ini.

Blog (27)

Say hi to Chef Michael Deutsch!

Chef Michael sendiri adalah chef keturunan Jerman dan Canada yang udah meniti karir di bidang kuliner selama 20 tahun di Perancis, Italia dan Shanghai. Selama 20 tahun ini udah banyak banget penghargaan kuliner bergengsi yang didapat. Nah, saat ini chef Michael adalah executive chef dari The Restaurant di The Trans Luxury Hotel. Tapi sebelumnya beliau udah pernah jadi executive chef di berbagai tempat ternama seperti Centara Wuku Resort and Spa di Bali, Taipei Landis Hotel di Taipei, Hilton Whistler Resort and Spa di Canada, dan The Sutton Place di Vancouver. Wow, begitu tahu latar belakang chef Michael aja saya udah penasaran untuk nyobain hidangannya 🙂

Dalam promo Taste of Italy ini sebenernya sangat banyak makanan yang disajikan. Tapi ada lima menu utama yang Itali banget nih, yaitu chicken cacciatore, vitello tonnato, banga cauda sauce with fish and pepperonata, gnocchi, dan semacam cold sardine.

Blog (25)

Untuk kamu yang Muslim, saya mau kasih tau nih kalau beberapa hidangannya ada yang dimasak dengan menggunakan red wine dan white wine. Those are chicken cacciatore, vitello tonnato, and banga cauda sauce with fish and pepperonata. Selain itu insya Allah ga ada yang dimasak dengan alkohol lagi. Tapi kalau kamu masih ragu-ragu, boleh banget nanya ke chef yang ada di restorannya. Karena di setiap station yang ada di sini pasti ada chefnya, baik itu untuk ngelakuin live cooking atau untuk ngebantu tamu memilih di stationnya masing-masing 🙂

Blog (22)

Blog (23)

Blog (24)

Letak The Restaurant ini sendiri adalah di lantai 3nya The Trans Luxury Hotel. Kamu bisa pilih mau area indoor atau outdoor. Menurut saya indoor areanya kerasa lebih classy sedangkan outdoor area lebih segar soalnya letaknya sebelahan sama kolam renang, hihii 🙂

Karena saya datang ke sana malam-malam dan waktu itu udaranya cukup dingin, akhirnya saya pilih indoor area aja. Yuk keliling ke berbagai stationnya!

Blog (1)

Blog (3)

Pasta Station

Blog (21)

Antipasto

Blog (9)

Blog (10)

Bakery

Blog (2)

Fish and Chicken

Blog (18)

Siapa ga kenal pizza? Bahkan kalau saya diminta untuk nyebutin makanan Itali, mungkin yang pertama saya sebutin adalah pizza 🙂

Blog (12)

And let me take a bite!

Blog (17)

Panini

Blog (6)

Tiramisu

Blog (4)

Blog (26)

Selain hidangan Italia, The Restaurant juga disemarakkan sama berbagai hidangan internasional lainnya. Ada peking duck, dim sum station, barbecue station, dan dessert station.

Blog (5)

Blog (14)

Roasted duck and chicken

Blog (7)

And here it is, my all time favorite, Dessert Station!

Blog (8)

Blog (15)

Fruit fondue

Blog (16)

Mau di awal sebelum makan atau di akhir, jangan pernah lupa untuk selalu mengonsumsi buah. Karena selain dimakan bisa juga di…….

Blog (11)

…..PARAAAA!! Orange smile! (photo credit to @mrfoodjournal)

Haha! Saya memang dateng ke sini bareng sama temen-temen Bandung Foodies. It’s super fun to be at cool place with cool friends and it was Dika’s idea to do that orange smile! 😀

***

Additional story: empat orang yang berfoto sama saya di bawah ini adalah para food experts dari Hongkong, Paris dan Canada. Saya mau cerita sedikit tentang orang-orang keren ini 🙂

Blog (28)

L-R: Mrs. Stella (Hongkong), Mr. Michael (Hongkong),
Mr. Sorry-I-forget-your-name 😦 (Canada), me, Mr.Chen (Paris)

Setelah selesai nikmatin main course bareng sama temen-temen Bandung Foodies, saya berdiri dari meja dan bergerak ke arah dessert station untuk ambil fruit fondue.  Sambil liat-liat stationnya, saya juga sambil ngefoto makanan yang ada di situ. Tiba-tiba dari belakang ada laki-laki yang nanya “Why do you take picture?”

Akhirnya saya cerita kenapa saya terus ambil foto selama dinner. Setelah ngobrol panjang, ternyata beliau (yang kemudian saya tahu kalau namanya adalah Mr. Michael) dan teman-temannya adalah food experts. Mereka punya berbagai komentar tentang makanan yang ada di sana, mulai dari yang positif sampai yang negatif. Salah satunya tentang oxtail yang mereka coba. Mr. Michael ngotot kalau potongan oxtailnya terlalu besar dan ga match sama bowlnya. Saya ngotot kalau orang Indonesia suka itu. Yeah, Indonesian is Indonesian. Bigger means better, hahaa 😀

Gimanapun juga, mereka adalah orang-orang super cool! Mr. Michael adalah seorang dokter senior yang umurnya 76 tahun. Beliau bisa tahu kalau saya punya tekanan darah rendah hanya dari salaman 2 detik aja. Mr. Chen bisa baca kepribadian orang dari matanya. Saya ga terlalu banyak tahu tentang dua lainnya, tapi yang jelas semuanya adalah orang-orang keren yang super humble. It was a pleasure to meet you, hope you have a good time here in Indonesia! 😀

***

Taste of Italy Promo
Sistem: Buffet
Waktu:
– Kamis – Sabtu, dinner time (18.00 – 22.00)
– Minggu, lunch time (12.00 – 15.30)
Hanya selama bulan September dan Oktober 2015
Tempat: The Restaurant, 3rd floor The Trans Luxury Hotel Bandung
Harga (sudah termasuk free flow drinks dan Baskin Robbins Ice Cream):
– Dewasa Rp299.000,00/person (net)
– Anak di bawah 12 tahun Rp150.000,00/person (net)

***

THE RESTAURANT, THE TRANS LUXURY HOTEL BANDUNG
Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung
Phone: 022 – 8734 8888 (sangat dianjurkan untuk reservasi sebelum datang)
Email: the.restaurant@thetranshotel.com
Web: thetranshotel.com
Twitter: @TRANSluxuryHTL
Instagram: @TheTransLuxuryHotel
Facebook: The Trans Luxury Hotel

 

Regards,